Kodam XVIII/Kasuari: Olahraga Harus Jadi Kebutuhan dan Gaya Hidup

Kepala Staf Kodam (Kasdam) XVIII/Kasuari, Brigjen TNI Dedi Sambowo saat menjadi Inspektur Upacara mewakili Panglima Kodam XVIII/Kasuari pada peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-36 di Makodam XVIII/Kasuari, Manokwari, Papua Barat, Senin (9/9/2019). Sumber Pendam XVIII Kasuari untuk bataviapos.com

BATAVIAPOS – Kepala Staf Kodam (Kasdam) XVIII/Kasuari, Brigjen TNI Dedi Sambowo mengajak kepada seluruh masyarakat dan jajarannya untuk menjaga pola hidup sehat dengan berolahraga secara rutin dan teratur. Hal itu dikatakannya saat menjadi Inspektur Upacara mewakili Panglima Kodam XVIII/Kasuari pada peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-36 di Makodam XVIII/Kasuari, Manokwari, Papua Barat, Senin (9/9/2019).
Dalam hal itu, Kasdam turut membacakan amanat dari Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Imam Nahrawi. “Olahraga harus menjadi kebutuhan hidup dan menjadi gaya hidup,” ajak Kasdam Brigjen TNI Dedi Sambowo mengutip amanat Menpora Imam Nahrowi.
Sebagaimana diketahui, peringatan Haornas Tahun 2019 mengambil tema “Ayo Olahraga, Dimana saja, Kapan saja”. Tema ini mengandung makna bahwa olahraga itu mudah karena dapat dilakukan dimana dan kapan saja, dan menjadi penting, agar masyarakat tidak terpaku bahwa olahraga hanya dapat dilakukan di fasilitas olahraga yang tersedia.
Mengutip lebih lanjut pernyataan Menpora, Kasdam XVIII/Kasuari mengatakan permasalahan terbesar yang dirasakan saat ini adalah derajat kebugaran masyarakat Indonesia yang masih rendah. Untuk itu, melalui Gerakan Ayo Olahraga diharapkan dapat menjawab permasalahan tersebut.
“Dengan kesegaran jasmani yang bagus, dengan kesehatan yang bagus, terutama adik-adik pelajar kita, maka memudahkan lahirnya bibit-bibit yang berpotensi menuju pentas nasional dan dunia di masa selanjutnya,” ujar Menpora Imam Nahrawi.
Menurutnya, pembangunan di dalam olahraga adalah tidak hanya jasmani, tetapi juga rohani. Dengan sehat rohani kita, berarti telah mendukung kebijakan Bapak Presiden tentang Revolusi Mental dan Sumber Daya Manusia (SDM) Unggul, Indonesia Maju.
Selanjutnya untuk optimalisasi permasalahan dan pembudayaan olahraga, sesuai Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), yang juga ditindaklanjuti dengan Peraturan Menpora RI Nomor 18 Tahun 2017 tentang Gerakan Ayo Olahraga, kita sama-sama laksanakan gerakan olahraga secara masif dan meluas di semua lapisan masyarakat.
“Semangat mengajak semua lapisan masyarakat untuk melakukan olahraga secara rutin dan secara teratur, baik pelajar, masyarakat, pekerja/karyawan, dan semuanya, bahkan warga binaan yang adadi Lembaga Pemasyarakatan,” jelas Menpora RI, Imam Nahrawi, dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Kasdam XVIII/Kasuari, Brigjen TNI H. Dedi Sambawa.
Hadir dalam upacara peringatan Haornas 2019 tersebut Irdam, para Pamen Staf Ahli Pangdam, para Asisten dan Kepala Badan Pelaksana (Kabalak) Kodam XVIII/Kasuari serta diikuti 1 Satuan Setingkat Peleton (SST) Yonif Linud 501/Braja Yudha BKO Pengamanan Kodam XVIII/Kasuari, 1 SST Kodim 1801/Manokwari, prajurit dan PNS organik Makodam XVIII/Kasuari. (YDH)
banner 468x60

No Responses

Leave a Reply