TNI AD Galang Kerjasama Angkatan Darat Brasil

SALAM KOMANDO: Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa dan Panglima Angkatan Darat Brasil, General Edson Leal Pujol di Ruang Tamu Kasad, Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad), Jakarta, Kamis (25/7/2019). Dinas Penerangan Angkatan Darat (Dispenad) TNI/bataviapos.com

BATAVIAPOS – Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa menerima kunjungan kehormatan Panglima Angkatan Darat Brasil, General Edson Leal Pujol, beserta rombongan, di Ruang Tamu Kasad, Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad), Jakarta, Kamis (25/7/2019).
Demikian disampaikan Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen TNI Candra Wijaya dalam keterangan rilisnya di Jakarta.
Dijelaskan Kadispenad bahwa dalam pertemuan yang berlangsung dalam suasana hangat dan akrab tersebut, Kasad menyampaikan ucapan selamat atas pengangkatan General Edson Leal Pujol yang menjabat sebagai Panglima Angkatan Darat Brasil, sejak 11 Januari 2019 silam.
Dalam pertemuan tersebut, Kasad kedua negara membahas tentang kerja sama bilateral militer yang dilaksanakan Indonesia dan Brasil saat ini.
“Jenderal TNI Andika Perkasa menyampaikan bahwa TNI AD bertekad untuk melanjutkan dan meningkatkan kerja sama yang telah terjalin dengan baik selama ini, terutama di bidang pengadaan Alutsista strategis, pendidikan, dan pelatihan militer,” terang Candra.
Sementara itu, General Edson Leal Pujol menyatakan bahwa pihaknya percaya bahwa ada beberapa bidang dimana Angkatan Darat kedua negara dapat lebih memperkuat dan memperdalam kerja samanya.
“Terutama di bidang pertahanan dunia maya, operasi perdamaian, intelijen, operasi khusus, dan artileri rudal, serta roket,” ungkap Candra mengutip pernyataan Panglima AD Brasil.
Dalam kesempatan tersebut, Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa juga menyematkan tanda kehormatan Bintang Kartika Eka Paksi Utama kepada Panglima AD Brasil.
“Penganugerahan tanda kehormatan tersebut, merupakan bentuk penghargaan dan penghormatan kepada Angkatan Darat Brasil, dimana pada April 2018 silam, Jenderal TNI Mulyono (Kasad ketika itu) menerima penganugerahan medali kehormatan The Order of Merit, Military Class dari Angkatan Darat Brasil,” ungkap Candra.
Dalam kesempatan tersebut, menurut Candra, General Edson Leal Pujol menyampaikan bahwa dirinya beserta rombongan sangat menghargai dan merasa terhormat dengan sambutan yang diberikan. Terutama dengan penganugerahan Medali Bintang Kartika Eka Paksi Utama kepadanya.
“Hal ini adalah suatu kehormatan yang akan tetap dalam ingatan saya. Ini memperkuat tingkat hubungan bilateral yang tinggi antara pasukan kita,” jelas Candra mengutip pernyataan Edson.
Panglima Angkatan Darat Brasil juga menyampaikan bahwa dirinya dan seluruh Tentara Brasil merasa bersimpati dengan para anggota TNI AD, khususnya dengan keluarga Prajurit Usman Halembo yang gugur saat menjalankan tugasnya mengawal pembangunan strategis jalan Trans-Papua di Kabupaten Nduga, Papua. “Saya sangat yakin kepergiannya tidak akan sia-sia,” ujar Edson.
Selain melakukan kunjungan ke Mabesad, sambung Candra, Panglima AD Brasil, General Edson Leal Pujol, beserta rombongan yang berada di Indonesia hingga tanggal 27 Juli 2019, juga dijadwalkan melaksanakan kunjungan ke sejumlah satuan TNI, antara lain ke Markas Yonkav 1/BCC.
Divisi 1 Kostrad, Cijantung dalam rangka pertemuan dengan Pangdiv 1 Kostrad dan meninjau Static Show Alutsista Yonkav I/BCC. “Selain itu, Panglima AD Brasil juga akan melakukan kunjungan ke Mabes TNI Cilangkap dalam rangka pertemuan dengan Kasum TNI, dan ke Makopassus, Cijantung untuk melaksanakan pertemuan dengan Danjen Kopassus dan meninjau Static Show Alutsista Kopassus.
Dalam pertemuan tersebut, Kasad didampingi Aspam dan Asops Kasad, Kadispenad dan Paban V/Hublu Spamad. Sementara Kasad Brasil, didampingi Sekretaris Panglima AD Brasil, Atase AD Brasil di Jakarta, serta staf dari Kedutaan Besar Brasil di Jakarta.(YDH)
banner 468x60

No Responses

Leave a Reply