Viral, Orang Bule Kibarkan Bendera Bintang Kejora Milik OPM

Sejumlah orang asing berpose di depan kamera sambil mengibarkan bendera bintang kejora milik Organisasi Papua Merdeka (OPM). Net

BATAVIAPOS – Di tengah maraknya unjuk rasa yang berujung rusuh di Papua dan Papua Barat, tiba-tiba saja publik dihebohkan dengan beredarnya video pengibaran bendera milik Organisasi Papua Merdeka (OPM) di media sosial.
Anehnya, bendera berlambang bintang kejora ini, dikibarkan oleh sejumlah orang asing, bukan oknum pribumi di bumi Cendrawasih.
Pantauan bataviapos.com, video berdurasi 1 menit 41 detik ini diunggah oleh sebuah akun instagram milik PK (inisial) pada Minggu (1/9/2019) malam sekitar pukul 21.00.
Dalam video itu, tampak sejumlah orang asing berada di atas sebuah bukit. Namun belum diketahui di mana letak bukit yang mereka singgahi itu.
Hanya saja, sebagian dari mereka, terekam sedang mengibarkan bendera OPM. Ada pula seorang di antaranya yang berpose dengan bendera OPM, namun diikat di pundaknya sendiri.
Tak lama berselang, tampak dua orang asing lainnya datang menggunakan helm khusus pendaki. Mereka baru saja tiba di atas bukit untuk bergabung dengan teman-lainnya. Kemudian, sebagian orang asing itu bercengkerama menggunakan bahasa Inggris. Dalam waktu dua jam, video ini sudah ditonton sebanyak 18.588 kali oleh netizen.

NETIZEN GERAM

Beredarnya video sejumlah orang asing yang mengibarkan bendera OPM di media sosial nampaknya menimbulkan rasa geram di kalangan netizen. Hal itu terlihat dari komentar pedas yang ditulis oleh netizen di dalam akun instagram PK. Dari komentar itu, netizen banyak yang beranggapan, pengibaran bendera OPM oleh orang asing menandakan keterlibatan mereka di balik aksi kerusuhan di Papua.
“Wajar saja asing ikut terlibat, karena sudah puluhan tahun mereka disuapin tambang emas di sana, tiba-tiba dikuasai pemerintah sampai 51 persen,” tulis seorang netizen.
Disisi lain, seorang netizen lainnya meminta agar Badan Intelijen Negara (BIN) turut mengawasi orang asing di Papua. Jangan sampai BIN kecolongan dengan pengibaran bendera OPM, apalagi pelakunya orang asing. “Badan intelijen negara tidak boleh lemah,” desak seorang Netizen menimpalkan.
Sementara itu, seorang netizen lainnya lebih memilih mengajak pihak terkait, khususnya Polri dan TNI untuk bersatu mempertahankan keutuhan NKRI.
“Mari kita bersatu untuk mempertahankan NKRI, pihak asing sudah masuk dengan mengatasnamakan ham, ham dari america, sedangkan america sering melanggar ham, hadeeeh. Bravo TNI Polri 100 %, NKRI harga mati, merdeka,” tulis Netizen lainnya. (YDH)
banner 468x60

No Responses

Leave a Reply